7 (tujuh) PTN Indonesia Masuk Universitas Top Dunia versi Quacquarelli Symonds (QS)

Tidak mau kalah dengan olah raga tinju  yang paling banyak induk organisasi dunianya dan mengeluarkan peringkat petinju dunia berdasarkankan versinya sendiri sendiri,  Quacquarelli Symonds (QS) yang merupakan sempalan  dari   The Times Higher Education,  mengeluarkan peringkat universitas dunia termasuk perguruan tinggi di  Indonesia. Penilaian didasarkan pada enam parameter pemeringkatan yang dinilai QS World University Ranking, yaitu reputasi akademik, reputasi institusi, rasio mahasiswa dan dosen, sitasi per fakultas, staf internasional, dan mahasiswa internasional. Dengan kriteria  seperti ini Universitas Indonesia yang sangat agresif dalam melakukan kerjasama internasional dalam melaksanakan joint conference  dengan perguruan tinggi asing terkenal  setiap tahun menimpati urutan teratas. Pada tahun  2009  UI mengadakan joint conference dengan University of Adeilade, 2010 (lupa karena  saya tidak ikut), 2011   dengan Ateneo de  Manila yang dianggap Harvard-nya ASEAN, dan  bulan November 2012 ini dengan Ho Chi Minh Faculty of Economics Vietnam.

Image

Joint Conference Certificate  between  University of Indonesia and Ateneo Manila

Selanjutnya yang masuk dalam peringkat adalah   Universitas Gadjah Mada , Institut Teknologi Bandung  , Universitas Airlangga  , Institut Pertanian Bogor  , Universitas Diponegoro  dan tidak ketinggalan  Universitas Brawijaya tempat saya pernah melewatkan waktu waktu susah sebelum hengkang ke luar negeri.

Jika   QS Asian Ranking University 2012 dijadikan  standard, ada sembilan PTN dan satu PTS yang masuk daftar PT terbaik di Asia. Selain PTN yang masuk dalam daftar top dunia, perguruan tinggi Indonesia yang diakui di Asia yakni Universitas Padjadjaran, Universitas Udayana, dan  sangat mengejutkan masuknya Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya mengalahkan PTS PTS terkenal di kota ini seperti UK Petra, Universitas Surabaya, dan Universitas Pelita Harapan.

Karena badan pemeringkat memiliki  kriteria masing masing, perguruan tinggi yang belum masuk peringkat dunia  tidak perlu berkecil hati dan mencak mencak, dan buat UI terlepas dari kisruhnya krisis  rebut rebutan jadi bos PTN besar ini, sekarang sudah saatnya  untuk menarik PTN PTN lain bekerja sama agar peringkat dunianya juga ikut naik, jangan lupa Universitas Indonesia punya kewajiban moral untuk  mengangkat Perguruan Tinggi  Negeri di Indonesia.

Selamat berjuang para akademisi  Indonesia  untuk memperbaiki peringkat ditataran global tidak peduli mau versi apa saja.

Categories: high education in Indonesia, Indonesiana | Tags: , | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: